Entertainment
Typography

Radiomuara.com/Jakarta, 21 November 2019. Trio SGP (Sandang Gapit Pancuran) luncurkan Single Pemalang Tandang.

          Berawal dari rasa saling peduli akan perkembangan kebudayaan Pemalang, terutama dunia musik. Tiga seniman asli Pemalang ( Ayu Tari, Yoto Taras, Seinawan Seis ) mencoba mengangkat kebudayaan musik Pemalang dengan membentuk Trio SGP ( Sendang Gapit Pancuran ). Mengusung jenis musik " Dangdut Ngapak " agar bisa sejajar dengan kebudayaan lainnya seperti Tarling, Banyumasan maupun Campursari. 
 
 
    Yoto, salah satu pesonil dari trio SGP mengakui tidaklah mudah mengangkat kebudayaan daerah. Apalagi tanpa didukung pemerintahan setempat terutama Bupati Pemalang. Alasannya, seniman Pemalang dianggap banyak yang ilegal dan tidak memenuhi kriteria. 
 
    Yoto dan teman - teman seniman lainnya sebenarnya mempunyai keinginan agar kebudayaan Pemalang bisa dikenal luas dengan dibarengi perkembangan wisata yang ada di Pemalang. Namun minimnya sarana dan prasarana serta dukungan dari pemerintahan setempat membuat para seniman Pemalang laksana mati suri.
 
   Disatu sisi, para seniman Pemalang juga ingin karya mereka dikenal masyarakat. Mereka mengakui, sempat beberapa kali mengajukan ijin kegiatan guna mengangkat kebudayaan daerah. Namun lagi - lagi keinginan mereka harus terkubur dengan terbentur prosedur yang dianggap hanya akal - akalan. 
 
 
   Tidak pedulinya pemerintahan setempat, justru dianggap pemicu bagi Trio SGP ini untuk lebih gencar memperkenalkan budaya mereka. Trio SGP pun kini mencoba cara lain agar pemerintahan Kabupaten Pemalang lebih melek dengan karya - karya musisi Pemalang. Yoto mengakui, walau hanya seniman kampung dan basic seniman mereka terlahir berdasar tekad. Namun mereka yakin, Trio SGP ini akan menjadi motor kebudayaan Pemalang dikenal masyarakat di kemudian hari.
 
 
 
Reporter   : Angga. P
Redaksi     : Arya. BK

Twitter

Facebook