Entertainment
Typography

Radiomuara.com / Jakarta,25 Sept 2019. Memasang foto Tanpa Izin dan diduga melangga UU Hak Cipta.

    Film Warkop DKI Reborn mendapat somasi dari pemilik karya fhoto yakni Drs. Akhmad Yamin Amazon Dalimunthe. Beliau pun lalu memberikan surat kuasa kepada Pitra Romadoni Nasution dari kantor Advokat & Konsultan Hukum untuk melaporkan kasus Pelanggaran Hak Cipta atas Karya menghasilkan foto Warkop DKI tersebut, yang difotonya pada tahun 1994.

 
“Saya menunjuk atau memberikan wewenang kepada Pitra Romadoni Nasution dari kantor Advokat & Konsultan Hukum untuk menjadi ahli hukum saya agar mendapat keadilan. Selain itu, mediatornya juga sedikit ditantang, mereka juga ingin melaporkan ini, dibawa ke ranah, hukum yang diperlukan, industri yang berjalan dengan yang seharusnya, ”ungkap Amazon.
 
Sebenarnya antara dirinya dengan pihak produksi film sudah melakukan mediasi. Namun proses tersebut berjalan gagal bahkan mereka justru menantang melalui ranah hukum, tambah wartawan senior ini.
 
Amazon pun menunjul Pitra Romadoni Nasution SH, MH sebagai kuasa hukumnya. Dan selanjutnya sebagai kuasa hukum atas Kasus Dugaan Tanpa Izin penggunaan foto pada Film Warkop DKI Reborn ini, Pitra Romadoni Nasution SH, MH, menyetujui ini membahas Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual. Jadi sangat disayangkan klien kami justeru di tantang oleh pihak mediator untuk menempuh jalur hukum saja. Sementara yang perlu ditekankan di sini, ada pihak yang telah menggunakan hak cipta tanpa izin karya foto milik klien kami.
 
Ditambahkan lagi, bahwa “Film Di Dalam Warkop Reborn, karya saya terdiri dari foto Dono, Kasino, dan Indro (Warkop DKI) memakai Jas Warna Merah ditayangkan dua kali. Saya sudah melakukan pengumuman, dan kemudian diutuslah satu orang untuk memediasi tetapi dari hasil mediasi nampaknya tidak menemukan titik temu. Jadi dalam foto ini milik pribadi saya pemilik foto yang pantas di rugikan. Dan sebagai Warga Negara ingin hak-haknya juga disediakan oleh pihak lain yang menggunakan karya saya tanpa ijin tersebut, ”tegas Amazon lagi.
 
Sementara itu, Pitra Romadoni Nasution SH, MH & Associates (Advokat & Konsultan Hukum), mengutip UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, Pasal 12 dan Pasal 115.
 
Pasal 12 mengutip ada orang yang dipotret atau memiliki hak cipta terhadap gambar tapi gambar tersebut diperuntukan untuk iklan atau reklame harus ada yang ditulis oleh orang yang ingin melakukan iklan atau reklame tersebut kepada penciptanya. Sementara Pasal 115 berbunyi jika memang tidak ada surat tertulis atau izin tertulis terhadap Pemegang Hak Cipta, maka penerbitan pidananya diatur dalam pasal tersebut dengan hukuman penjara sebesar Rp500.000.000.
 
“Jadi sebelum kita melanjutkan di ranah hukum berikutnya, saya sangat menentukan keberadaan itikad baik dari pada pihak-pihak terkait. Dan yang menjadi masalah adalah belum adanya izin untuk menggunakan produk tersebut, ”pungkas Pitra Romadoni Nasution SH, MH, selaku kuasa hukum.
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber   : Arsnynewsy.com
Reporter : Angga. P
Redaksi   : Arya. BK  
 
 

Twitter