Muara News
Typography

Radiomuara.com / Jakarta, 08 Okt 2019. Badan Musyawarah ( Bamus ) Betawi hari Minggu kemarin ( 06/10/19 ). Menggelar " Festival Lenong Betawi " di hotel Grand G7 Jalan Garuda Kemayoran, Jakarta Pusat.

    Festival kali ini diikuti oleh 10 group lenong yang tersebar di Jakarta. Seperti group Lenong Gema Beta Daya, Sanggar Jiih Kemayoran, Lenong LSBB, lenong PSBB HKS, lenong FKPBB, Blantek Ibnu Sina, lenong Kampung Silat Petukangan, Theater Kawan, Sanggar Fandus, dan Sanggar Abang Rawa Belong. Peserta sendiri dituntut wajib memberikan penampilan terbaiknya. 

 
" Untuk menjaga budaya Betawi di jaman Millenial ini agar tidak luntur oleh zaman. Serta pengembangan terhadap perkembangan seni lenong. Lenong harus dipadukan dengan unsur kekinian terutama era millenium namun  tetap memiliki pakem - pakem " , ujar 
Wakil Ketua umum Bamus Betawi Drs. Tahjudin Adityas. 
 
 
Pria asli Betawi yang juga sekaligus sebagai ketua pelaksana Festival Betawi ini berkeyakinan. Semua lenong itu mempunyai karakter yang sama, hanya ada perbedaan dalam bahasanya maupun logatnya. Dengan dipadukannya dua jenis lenong ( lenong Denes & Lenong Preman ) Tahjudin berharap masyarakat bisa memahami dengan baik dan lenong bisa diterima oleh kaum millenial. 
 
Rencananya, Festival lenong ini akan di agendakan setiap tahun dan menjadi agenda resmi Bamua Betawi. Dinas pariwisata DKI sendiri berharap, festival ini akan melahirkan rekomendasi bahwa seni drama Berawi dapat di sinkronisasi dengan seni budaya lainnya yang ada di Jakarta.
 
 
Sekjen Bamus Betawi H. Syarif Hidayatullah SIp menambahkan, bahwa  program ini merupakan bagian dari 24 program yang dilaksanakan oleh Bamus Betawi pada tahun 2019. Disamping itu Bamua Betawi juga akan melaksanakan program - program berkesinambungan lainnya, jelas Syarif kepada media. Di festival lenong Betawi tersebut. Beberapa tokoh dan budayawan Betawi  juga berkesempatan di daulat untuk menjadi juri seperti Herman Yahya, Abdul Azis dan Bahan Bin Pitung.
 
 
Reporter  : Angga. P
Redaksi    : Arya. BK

Twitter

Facebook