Muara News
Typography

Radiomuara.com/ Jakarta, 02 Oktober 2019. Putri kandung Megawati Soekarno Putri yakni Puan Maharani resmi menjadi ketua DPR periode 2019 - 2024.

   Puan resmi ditunjuk menjadi ketua DPR saat sidang paripurna pada Selasa malam ( 01/10/19 ) yang dipimpin pimpinan DPR sementara dari Fraksi Demokrat Abdul Wahab Dalimunthe. Puan sendiri mengaku, "Saya ingin kerja yang produktif, tapi tidak banyak undang-undang.

Terpenting produknya matang. Tidak perlu banyak," ujar Puan Maharani di Ruangan Fraksi PDIP, Lantai 7 Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan. Belajar dari banyaknya protes atas kerja DPR dalam membuat produk legislasi, Puan memastikan UU yang dihasilkan merupakan hasil sinergi pemerintah dan DPR serta mengakomodir aspirasi masyarakat.

 Ketua dan Wakil Ketua DPR 2019-2024 dipilih berdasarkan hasil Pileg 2019. Partai yang berhak mendapat kursi pimpinan DPR adalah PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB. PDIP berhak mendapatkan jatah kursi Ketua DPR karena keluar sebagai pemenang Pemilu 2019.Dalam sidang paripurna tersebut, Abdul Wahab juga membacakan susunan pimpinan tinggi DPR.

 "Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI.

 

Puan sendiri adalah calon Ketua DPR RI yang diajukan PDIP. Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, posisi Ketua DPR diberikan kepada partai pemenang pemilu. Kali ini, menjadi jatah PDIP. Jika dilantik nanti, Puan akan menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menjadi Ketua DPR.

 

 

Reporter    : Angga. P

Redaksi     : Arya. BK

Twitter

Facebook